Wednesday, July 4, 2007

Marquee (teks bergerak)

Marquee adalah code html yang menjalankan tampilan teks bergerak yang berguna untuk menarik perhatian tamu yang datang dan juga berfungsi untuk menghemat ruang (space) side bar kita.
Bagaimana cara membuat marquee?

Anda copy dan paste code html berikut ke sidebar blog atau di manapun sesuai keinginan Anda:

<MARQUEE align="center" direction="up" height="200" scrollamount= "2"
onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' width="100%">

(teks atau link tulis di sini)

</MARQUEE>

Contoh Marquee untuk link (copy & paste dan ganti contoh link sesuai keinginan Anda):

<MARQUEE align="center" direction="up" height="200" scrollamount= "2" onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' width="100%">

<a href="http://dzaffin.blogspot.com" target="new">- Lowongan Kerja -</a><br />

Mengutip sebagian atau keseluruhan isi blog ini ke blog Anda dipersilahkan ASAL menyebut URL sumber tulisan dan/atau permanent link artikel yg dikutip.

Komentar, saran atau pertanyaan dapat diajukan melalui bukutamu, kotak komentar blog atau email ke: dzaffin-at-gmail.com.

</MARQUEE>

Catatan:

1. Kode <br /> adalah singkatan dari (line) break atau ganti garis, supaya setiap link tidak numpuk dalam satu baris. Bila jarak satu link dg link yang lain dianggap terlalu sempit, bisa ditambah dg kode <br /> lagi. Sesuai selera.

2. Kode target="new" atau target="_blank" berfungsi agar supaya tercipta window baru ketika ada yang mengklik link yg ada dalam marquee sehingga pengunjung tidak meninggalkan blog Anda.

3. Kode: direction="up" artinya tulisan/teks bergerak ke atas seperti di blog ini, jadi kode "up" bisa diganti dg "down" bila ingin link/teks bergerak ke bawah; dan ganti menjadi "left" supaya bergerak ke kiri dan "right" supaya bergerak ke kanan.

4. Kode: height="200" adalah ukuran tinggi ruang marquee. Anda bisa mengatur sesuai keinginan dengan merubah angka tersebut.

5. Kode: width="100%" adalah ukuran lebar ruang marquee. Anda bisa mengatur sesuai keinginan dengan merubah angka persen tersebut.

Selamat mencoba.

postingan ini diambil dari blog Indo Pro Blogger

Related Posts by Categories



No comments: