Sunday, February 12, 2012

Pantai Padang Galak

Pantai Padang Galak adalah pantai yang menyimpan keelokan dari sisi lain. Pantai ini mungkin bisa menjadi alternatif tempat liburan anda selama berada di Bali. Keindahan pantai ini tidak seperti pantai-pantai pada umumnya, pantai Padang Galak menyimpan keindahan alamnya dan kebiasaan yang terdapat disana. Pantai yang tidak terlalu banyak diketahui bahkan sepi. Tenggelam oleh gemerlapnya pantai Sanur yang berada sepelemparan batu dari pantai ini. Pantai Padang Galak. jika anda pernah atau bahkan sering ke pantai Sanur, belum lengkap jika tak ke pantai Padang Galak.



Berbeda dengan pantai-pantai sebagian besar yang ada di pulau dewata, pantai Padang Galak berpasir hitam, disana juga tersedia jogging track yang rapi dengan jarak yang cukup jauh mengikuti bibir pantai.

Jogging track tersebut akan lebih cocok bagi anda yang sekalian ingin berolahraga sambil melihat pemandangan lepas ke arah laut. tapi tetap pandangan ke depan yah, nanti bisa nabrak kalau lihat ke laut terus.. hihih....

Selain karena terdapat area olahraga lari, pantai Padang Galak juga luas, terdapat seperti padang rumput disana. Oleh karena itu, pantai yang biasa digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat upacara ini sering diadakan event besar seperti Melasti ataupun Rare Angon.

Rare Angon adalah istilah yang dipergunakan masyarakat Bali pada umumnya kepada para pemain layang-layang, atau dapat juga diartikan sebagai “seorang pengembala” dan dalam kepercayaan Hindu di Bali Rare Angon adalah Dewa-nya anak-anak. Rare angon adalah sebuah tradisi lama dan diimplementasikan dalam sebuah Festival Layang-Layang yang kini kian banyak saja perlombaanya digelar terutama bulan-bulan dimana cuaca berangin kencang. Perhelatan festival layang-layang yang telah menjadi kalender wisata diselenggarakan di pantai Padang Galak. kalau boleh dibilang, seperti pantai Carnaval Ancol di Jakarta yang juga sering diadakan festival layang-layang.

Selain itu ada sebuah kekontrasan pantai Padang Galak jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali. Biasanya pantai berpasir putih tapi tidak untuk pantai Padang Galak. Pantai berpasir hitam. tapi dari situlah sebuah perbedaan yang menjadikan keindahan.

Menurut informasi yang saya terima dari guide saya, Pantai Padang Galak awalnya akan dikelola mirip pantai ancol di Jakarta. Lengkap dengan wahana hiburan di pinggir pantainya. Tapi sepertinya ada perselisihan antara pemuka adat dan juga pihak swasta yang ingin mengelola pantai Padang Galak. sehingga dapat terlihat adanya bangunan yang terbengkalai dan lahan yang tidak terawat sama sekali. Kesan menyeramkan begitu terasa apabila pertama kali melihatnya. sungguh disayangkan...

Semoga pantai yang indah ini dengan ombak yang tidak terlalu kencang, dapat dikelola dengan maksimal sehingga bisa menyaingi kepopuleran tetangganya, pantai Sanur.

Keindahan alam yang begitu menggoda itu bisa anda kunjungi gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Related Posts by Categories



No comments: