Monday, March 5, 2012

Pantai Petitenget

Pantai Petitenget terletak di Desa kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, kabupaten Badung. Jarak tempuh kelokasi ini lebih kurang 15 km dari kota Denpasar dan kira-kira 30 menit perjalanan bila menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Pantai Petitengetmempunyai pemandangan yang indah mempesona dan berada pada garis pantai yang sama dengan pantai Legian dan kuta. Pantai ini memiliki Pasir yang berwarna putih eksotis dengan kuantitas sinar matahari yang tinggi sepanjang hari. Gelombang ombaknya yang besar cocok digunakan sebagai tempat olahraga surfing ataupun selancar.


Berbeda dengan pantai Legian dan Kuta yang ramai, pantai ini lebih tenang dan damai. Selain itu, di tepi pantai Petitenget ini juga terdapat pura yang dikeramat oleh penduduk setempat. Pura ini dinamakan pura Petitenget sama dengan nama pantai.  Pantai ini cenderung ramai menjelang sore hari. Selain olahraga selancar pantai ini juga bisa digunakan oleh para wisatawan untuk berjemur, berenang atau menikmati panorama matahari terbenam (sunset).

Kenapa pantai ini dinamakan Petitenget ini berhubungan dengan mitos Pura Petitenget yang berada di tepi pantai ini. Konon dulunya kawasan ini merupakan daerah yang angker sebelum dibangun pura. Menurut cerita pada zaman dahulu ada seorang Resi bernama Dang Hyang Nirarta. Sebelum melanjutkan perjalanaan menuju Pura Uluwatu, Dang Hyang Nirarta singgah dan bertemu denganBatara Masceti, disela sela pembicaraan terlihat bayangan hitam yang bersembunyi semak-semak setelah dipanggil keluar ternyata Bhuta Ijo. Akhirnya Bhuta Ijo diberi mandat dan kesaktian untuk menjaga peti pecanangan (tempat sirih).

Saking setianya Bhuta Ijo setiap penduduk yang datang kekawasan ini untuk mencari kayu bakar dibuat sakit oleh Bhuta Ijo karena dianggap ingin mengambil peti pecanangan. Akhirnya agar makhluk gaib tersebut tidak lagi mengganggu atau mengusik ketenangan masyarakat, dibuatkan bangunan suci untuk tempat pemujaan dan diberi nama Pura Petitenget (peti artinya peti dan tenget artinya angker jadi kalau dijabarkan Petitenget mempunyai pengertian peti yang angker). Sejak saat itu karena berada dalam satu kawasan maka pantainya juga dinamakan Pantai Petitenget.

Related Posts by Categories



No comments: